Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 09 November 2010

Istilah Penting Dalam ETIKA PROFESI

  • Whistle blower
adalah istilah bagi karyawan, mantan karyawan atau pekerja, anggota dari suatu institusi atau organisasi yang melaporkan suatu tindakan yang dianggap melanggar ketentuan kepada pihak yang berwenang. Secara umum segala tindakan yang melanggar ketentuan berarti melanggar hukum, aturan dan persyaratan yang menjadi ancaman pihak publik atau kepentingan publik. Termasuk didalamnya korupsi, pelanggaran atas keselamatan kerja, dan masih banyak lagi.

  • Breach of Contract
adalah istilah tentang suati pihak yang sedang menjalani kontrak dengan pihak lain, tetapi pihak yang dikontrak tidak dapat menyelesaikan tugas kontrak yang sudah tertera pada kontrak perjanjian.

  • Bribery
merupakan korupsi dengan cara pemberian uang atau hadiah agar sang penerima tersebut bisa merubah sikapnya/perilaku.

  • Worm
Worm dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnarebility. Beberapa worm juga menghabiskan bandwith yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virua komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.

  • Trojan Horse
Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target). Jenis-jenis trojan :
  1. pencuri password
  2. keylogger
  3. Remote Administration tools

  • Egress Filtering

Egress filtering adalah praktek pemantauan dan berpotensi membatasi arus keluar informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Biasanya itu adalah informasi dari pribadi TCP/IPjaringan komputer ke internet yang dikendalikan.TCP/IP paket yang dikirim keluar dari jaringan internal diperiksa melalui internet atau firewall. Paket yang tidak memenuhi kebijakan keamanan tidak diperbolehkan untuk meninggalkan - mereka ditolak "jalan keluar". Egress filtering membantu memastikan bahwa lalu lintas yang tidak sah atau jahat tidak pernah meninggalkan jaringan internal

  • Phising
Phising merupakan teknik licik yang digunakan oleh pencuri dan hacker untuk menipu pengguna internet dengan cara mencuri informasi penting, biasanya hal ini berkenaan dengan informasi keuangan (nomor rekening dan kartu kredit) dan informasi login (ID dan password).

  • Scaming
Scamming adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scamming yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scamming ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.

  • Roving Tap
Istilah ini adalah tentang penyadapan telepon,internet dan lainnya demi pengamanan penggunaannya

  • CALEA(communications Assitance for law Enforcement Act)
CALEA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penegakan hukum dan badan-badan intelijen untuk melakukan elektronik pengawasan dengan mensyaratkan bahwa telekomunikasi operator dan produsen perangkat telekomunikasi memodifikasi dan desain peralatan mereka, fasilitas, dan layanan untuk memastikan bahwa mereka memiliki built-in kemampuan surveilans, memungkinkan federal lembaga untuk memonitor semua telepon, internet broadband, dan lalu lintas VoIP secara real-time.

  • Slander
Adalah pencemaran nama baik atau fitnah yang dapat merugikan orang lain atau merusak reputasi seseorang

  • Libel
Tidak jauh beda dengan slander tetapi dalam hal ini perusakan nama baik atau fitnah menggunakan media bisa seperti internet koran dan media yang lain.

  • Obscene Speech
Ucapan yang tidak baik yang mengandung kata cabul dan tidak pantas untuk di ucapkan karena jika terdengar akan mengakibatkan bahaya untuk pendengarnya.

  • Defamation
Defamation juga tak jauh beda dengan slander dan libel hanya disini merupakan suatu serangan untuk memperburuk citra seseorang dengan cara memfitnah korban atau pencemaran nama baik.


daftar pustaka :
  • http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar: